Klik disini

Monday, May 10, 2010

Virus Menyerang Lewat Yahoo Messenger

Virus atau Worm kembali menebar ancaman. Kali ini, sasarannya adalah Yahoo Messenger (YM). Worm ini menyerang dengan cara menipu pengguna dengan perintah mendownload sebuah foto dari teman. Mungkin bagi kita yang awam akan sebuah serangan virus, foto tersebut benar dari teman, tapi sebenarnya foto itu Malware (sebuah program komputer yang di ciptakan untuk maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software) yang memasang jerat khusus.

Worm ini biasanya berbentuk pesan dengan kata kunci photo atau photos, diikuti ikon wajah senyum dan sering dilengkapi Link dari sejumlah alamat situs jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, Friendster, dll.

Pada windows, file yang terdownload secara otomatis akan menginfeksi dan terdistribusi ke semua kontak di Instant Messenger. Menurut Symantec, sekali berjalan, worm/virus akan menggandakan dirinya sendiri ke dalam Windows Firewall dan menghentikan layanan Windows Updates.

Peluang menyebarnya virus ini sangat besar mengingat seseorang yang memperoleh Instant Messenger dari seseorang, biasanya langsung mengklik tanpa diteliti dulu kebenarannya. Worm / virus ini oleh BitDefender dianggap worm agresif sehingga dapat mengintersep password dan data intensif lainnya.

Jadi hati-hatilah dalam menerima segala bentuk kiriman yang datang melalui Yahoo Messenger anda, demi keamanan lebih baik anda ignore bentuk kiriman yang tidak jelas. Dan juga jangan lupa untuk gunakanan antivirus yang terupdate.

Catatan kecil dari seorang Lammer !!!

0 comments:

Post a Comment

Klik Yang Ini